Minggu, 25 Maret 2012

TEORI KOMUNIKASI KELOMPOK

a. Teori Sosiometris (Moreno)

Sosiometris dapat diartikan sebagai pendekatan metodologis terhadap kelompok kelompok yang diciptakan mula mula oleh moreno dan kemudian dikembangkan oleh jenning dan yang lainnya. pada dasarnya teori berhubungan dengan daya tarik(attraction) dan penolakan ( repulsion) yang dirasakan oleh individu individu ssatu sama lain serta implikasi perasaan. perasaan perasaan ini bagi pembentukan struktur kelompok.

Meskipun sosiometris tidak langsung berkepentingan langsung dengan komunikasi, struktur sosiometris dari suatu kelompok tidak disangkal berhubungan dengan bebereapa hal yang terjadi dalam komunikasi kelompok. cukup masuk akal untuk menganggap bahwa individu yang tertarik satu sama lain yang saling menempatkan diri pada peringkat yang tinggi akan lebih suka berkomunikasi sedemikian rupa sehingga membedakan mereka berkomunikasi dengan orang yang mereka benci.

b. teori perbandingan sosial

Teori ini mengemukakan bahwa komunikasi terjadi karena adanya kepentingan individu untuk membandingkan sikap, pendapat, dan kemampuan dengan individu lainnya. Dalam sebuah kelompok tekanan untuk berkomunikasi lebih tinggi karena, terkadang timbul perbedaan pendapat terhadap suatu hal. Individu akan memaparkan fakta-fakta yang ada yang dapat dijadikan perbandingan antara individu satu dengan individu lainnya. Setelah suatu keputusan kelompok dibuat, para anggota kelompok akan saling berkomunikasi untuk mendapatkan informasi yang mendukung atau membuat individu-individu dalam kelompok lebih merasa senang dengan keputusan yang dibuat tersebut.

Selain itu, setelah suatu keputusan kelompok dibuat, para anggota kelompok akan saling berkomunikasi untuk mendapatkan informasi yang mendukung atau membuat individu-individu dalam kelompok lebih merasa senang dengan keputusan yang dibuat tersebut.Teori perbandingan sosial ini diupayakan untuk dapat menjelaskan bagaimana tindak komunikasi dari para anggota kelompok mengalami peningkatan atau penuruanan.

Ada dua hal yang diperbandingkan dalam hubungan ini, yaitu:
a. Pendapat (opinion)
b. Kemampuan (ability)



mulyana, Deddy(2006). Komunikasi suatu pengantar.Jakarta : Rosda
:)

Tidak ada komentar: